Sabtu, 09 November 2013

Tugas Bahasa Indonesia 2 (3)

Tugas Bahasa Indonesia 2 ( 3 )


1.       contoh tulisan ilmiah populer dengan topik peristiwa yang terjadi saat ini

Tidur Nyenyak Bantu Bersihkan Racun


        Apakah Anda cukup nyenyak tidur setiap malam? Selain mengistirahatkan tubuh, tidur dalam keadaan nyenyak bisa membuang racun dalam otak,  seperti yang diungkapkan para peneliti dari University of Rochester Medical Centre di New York. Tidur dalam keadaan nyenyak setiap malamnya memungkinkan otak untuk membuang racun yang terdapat dalam otak kita. Racun ini terkumpul dari polusi kimia yang dihasilkan selama kita terjaga.  proses pembersihan ini sangat diperlukan oleh otak agar tetap bekerja maksimal. Jika bagian tubuh yang lain bergantung pada organ hati untuk membersihkan racun, maka otak punya metode tersendiri untuk menghapus “sampah” tersebut. “Penelitian ini menunjukkan bahwa otak mempunyai fungsi yang berbeda saat kita terjaga dan tidur,” ujar kepala peneliti Dr. Maiken Nedergaard, seperti yang dikutip dari Dailymail.
        Otak mempunyai dua fungsi bagi tubuh. Aktif saat terjaga untuk waspada dan berpikir serta aktif saat tidur untuk membersihkan racun. Menurut Dr. Nedergaard, ini sama saja ketika kita mengadakan pesta di rumah, antara kita menyambut para tamu atau membersihkan rumah. Namun, kita tidak bisa melakukan keduanya saat bersamaan. Maka dari itu kita perlu tidur untuk memberi kesempatan bagi otak untuk menjalankan fungsinya. Para peneliti juga menemukan bahwa ketika tidur, sel-sel otak dapat menyusut hingga 60 persen selama tidur agar proses pembersihan lebih efektif.
        Sementara tubuh kita beristirahat, otak akan bekerja keras membuang racun. Otak yang bersih dari racun memungkinkan kita untuk berpikir lebih jernih dan cepat tanggap. Namun jika racun tersebut tidak dibuang alias menumpuk di otak kita, maka bisa menimbulkan berbagai penyakit syaraf dan Alzheimer. pastikan kita tidur 6-8 jam per hari dalam keadaan nyenyak

(Precilia Meirisa)

0 komentar:

Posting Komentar

 
wara-wiri. Design by Exotic Mommie. Illustraion By DaPino