Minggu, 13 Mei 2012

sektor pertanian


Sektor Pertanian Dalam Pembangunan Indonesia
 BAB I
PENDAHULUAN

A.    Pengertian Pertanian

Pertanian adalah peroses dalam menghasilkan bahan pangan , ternak, serta produk-produk agroindustri dengan cara memanfaatkan sumber daya tumbuhan dan hewan . Indonesia merupakan negara agraris, dan memiliki banyak pulau oleh karena itu kebanyakan orang indonesia memiliki profesi sebagai petani, kerena didukung kondisi tanah serta iklim di indonesia. para petani banyak sekali menghasilkan tanaman-tanaman yang diperlukan oleh masyarakat, contoh dalam pertanian tanaman pangan yaitu terdapat padi, jagung, kedelai, kacang tanah dan lain-lainya. sedangkan pertanian tanaman untuk di perdangangakan terdapat kopi, teh,  kelapa, karet, kakao dan lain-lainya. Produk tersebut biasanya di ekspor untuk memenuhi kebutuhan negara-negara lain  kegiatan ekspor ini akan menghasilkan devisa.



BAB II
PEMBAHASAN


A.    Masalah Pada Sektor Pertanian

Sektor pertanian merupakan sektor yang mempunyai peran penting dalam pembangunan perekonomian indonesia. tetapi pada sektor ini pula kurangnya perhatian dari pemerintah sehingga para petani masih banyak yang termasuk golongan miskin. pada hal sektor ini merupakan pembantu juga dalam hal tenaga kerja dan  juga sebagia besar penduduk kita tergantung sektor ini untuk memenuhi kebutuhnya. Pertanian di Indonesia hingga saat ini masih belum dapat menunjukkan hasil yang maksimal jika dapat kita lihat dari kesejahteran para petani dan  pendapatan nasional yang dihasilkan dari sektor ini .pada hal pontensi sumber daya alam yang besar dan beragam, selain itu bagian pendapatan nasional yang cukup besar, besarnya ekspor nasional , dan besarnya penduduk indonesia yang mengantungkan hidupnya pada sektor ini, dan juga peranan petani yang  menyediakan pangan bagi masyarakat. tetapi Masih saja para petani belum merasakan kesejahteran sampai saat ini .
Menurut kuznets, sektor pertanian mengkontribusikan terhadap perumbuhan dan pembangunan ekonomi nasional dalam 4 bentuk yaitu :
1.      Kontribusi Produk contohnya menyediakan bahan bakuuntuk industri manufaktur seperti: industri tektil, makanan, minuman, dan lain-lain.
2.      Kontribusi pasar contohnya  pembentukan pasar domestik untuk barang industri dan konsumsi
3.      Kontribusi faktor produksi menyebabkan penerunan peranan pertaniaan di pembanggunan ekonomi, maka terjadi transfer surpus modal dan sektor pertanian ke sektor lain.
4.      Kontribusi devisa pertanian sebagai sumber paling penting bagi surplus neraca perdanganagan melalui ekspor produk pertanian dan produk pertanian yang mengantikkan produk impor.
Seiring dengan berkembanganya perekonomian bangsa maka kita mulai merancanakan masa depan indonesia menuju industrialisasa, dengan mempertimbangan sektor pertanian kita juga. Dalam sektor pertanian kita mempunyain permasalah dalam meningkatkan jumlah produksi pangan , terutama di daerah jawa karena daerah tersebut merupakan penghasil beras terbanayak. Hal ini dikarenakan semakin terbatasnya lahan yang dapat dipakai untuk bertani. perkembangan penduduk yang semakin besar membuat kebutuhan lahan untuk tempat tinggal juga bertambah. Perkembangan industri juga membuat masalah pada soal irigrasi. Hal tersebut disebabkan oleh pasukan air yang mengairi lahan pertanian juga berkurang. Maka kita akan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pangan di dalam negeri apa lagi jika ditambah dengan kecurangan para  tengkulak yang seenaknya membeli hasil petani dengan pembelian dibawah harga standar , itu membuat petani mendapatkan kerugian. Dan bila hal tersebut masih terjadi tentang kurangnya  kebutuhan pangan maka  biasanya pemerintah akan mengimpor pangan dari luar. impor memang dapat menjadi alternatif atau solusi untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyat, selain itu biasanya harga impor akan lebih murah. Kita juga harus perlu mencermati bagaiman kedepanya tetang masalah pertanian di indonesia.
B.     Peran Dinas petani
Dinas pertanian mempunyai peranan sangat penting dalam mengembangkan usaha pertanian di indonesia. Dengan dukungan yang baik dari dinas pertanian masyarakat yang mengantungkan hidupnya dari bertani akan hidup dengan layak dan makmur.beberapa peranan penting dari dinas Pertanian untuk meningkatkan bidang pertanian di indonesiasebagai berikut :
1.      Pemberian Penyuluhan
Dinas pertanian terdiri dari orang-orang yang telah banyak mempunyai ilmu di bidang pertanian . oleh karena itu dengan menerapkan berbagai ilmu yang diperoleh kepada para petani , akan dapat diperoleh hasil yang maksimal . penerapan hasil pertanian juga bisa dipelopori oleh dinas pertanian . dan juga kerja sama baik antara dinas pertanian dan petani dapat memungkinkan meningkatnya hasil kerja.
2.      Bantuan Bibit dan Pupuk
Salah satu kebutuhan utama para petani adalah tersedianya bibit dan pupuk yang baik . dinas pertanian berperan dalam menyediakan bahan baku tersebut bibit yang baik dan pupuk yang efektif dapat mempengaruhi hasil panen. Dinas pertanian juga memberikan penyuluhan cara nanam dan pemupukan yang baik bagi para petani.
3.      Pengendalian Harga
Dinas Pertanian dapat berkerja sama dengan instansi pemerintahan lain dalam mengendalikan harga. Masalah lain juga dihadapi oleh para petani yaitu dalam pemasaran sering kali para petani dirugikan oleh aksi para tengkulah yang membeli beras dengan harga dibawah standar. Tugas dinas pertanian untuk membasmi para tengkulak yang bermain curang.
4.      Penelitian
Biasanya karyawan dinas yang ahli dalam penelitian bercocok tanamakan melakukan Berbagai percobaan-percobaan untuk menghasilkan bibit- bibit unggul yang bisa memberikan hasil panen yang baik

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

 Indonesia sebagai negara agrasis atau negara pertanian yang mayoritas penduduknya bermata pencarian sebagai petani. sangat lah aneh jika para petani masih hidup dengan kekurangan apalagi termasuk dalam golongan miskin. Sedangkan sektor pertaniaan adalah salah satu sektor yang paling penting dalam pembangunan perekonomian indonesia seharusnya pemerintah lebih perhatian terhadap para pertani karena mereka juga menyumbang dalam devisa negara untuk pendapatan nasional.

Sumber :
http://cynthiaprimadita.blogspot.com/2011/03/makalah-sektor-pertanian-di-indonesia.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
wara-wiri. Design by Exotic Mommie. Illustraion By DaPino