Kamis, 07 November 2013

TUGAS BAHASA INDONESIA2 (2 )

TUGAS BAHASA INDONESIA2 (2 )

1.       kualitas karya tulis ditentukan oleh beberapa aspek yaitu :
A.      Topik yang menarik
Maksud dari Topik yang menarik adalah penulis membuat karya tulis yang inti atau maksud dari tulisan yang sampaikan kepada orang (pembaca) tidak membosankan sehingga dapat membuat orang (pembaca) tertarik dan penasaran serta tanpa kita ketahui mereka mengikuti atau mencari tahu perkembangan terhadap topik karya tulis kita.  Kemudian si penulis juga harus memberikan batasan topik yang akan ditulisnya. Jangan karna ingin terlihat berwawasan luas sehinggakita memilih topik yang justru terlalu umum dan belum dikuasai.
 untuk memilih topik sebuah karangan , tulisan atau cerita, seorang penulis perlu memperhatikan hal – hal berikut :

·         Pilih topik yang menarik untuk di jadikan tulisan.
·         Menguasai topik yang akan di buat.
·         Literatur atau bahan pelengkap mudah didapat untuk dipelajari.   
·         Membatasi topik agar lebih spesifik.

Topik yang baik harus disesuaikan dengan sasaran penikmat karya tulis kita, jika karya tulis untuk anak anak jangan memilih topik yang sulit di mengerti, tetapi lebih yang memudahkan anak – anak untuk membacanya. Di usahakan mengambil topik yang sesuai zamannya sehingga lebih update dengan kehidupan pada masa itu.

B.      Mudah dipahami dan di baca
Mudah dipahami oleh pembaca yaitu karya tulis yang kita buat dapat tersampaikan dan dimengerti dengan baik oleh pembaca utuk itu alur dan struktur tulisan harus jelas, jangan terlalu membinggungkan atau pembahasnya lewat dari batas topik yang diinginkan atau materi yang dibahas malah tidak nyambung. Mudah dipahami atau tidaknya oleh pembaca dapat dilihat dari beberapa faktor diantaranya
·         Penulisannya
Penulisannya simple, padat dan berisi. Maksudnya tidak terlalu banyak tulisan yang membuat pembaca menjadi jenuh dan bosan sehingga membuat pembaca tidak tertarik lagi untuk melanjutkan membaca.
·         Gaya bahasa
Menggunakan gaya bahasa yang baik dan benar, tidak menggunakan bahasa asing (tidak dimangerti oleh pembaca) seperti bahasa gaul, alay, dll.
·         Cara penyampaian
Menyampaikan maksud dari karya tulis kepada pembaca tidak berbelit-belit dan berfokus kepada inti pembicaraan.


0 komentar:

Posting Komentar

 
wara-wiri. Design by Exotic Mommie. Illustraion By DaPino